15 Mei 2010

Belajar sistem kerja mesin 4 langkah

     Untuk kali ini jogjaevol akan membagikan info-info tentang Otomotif. Karena latar belakangku dulu pernah bekerja di bidang mesin produksi dan otomotif selama kurang lebih 6 tahun dan cukup banyak pengalaman yang aku dapatkan waktu disana. Karena kini aku beralih profesi dibidang usaha yang kebetulan hobiku waktu itu, yaitu di bidang tehnologi komputer. Maka dari pada ilmu permesinan yang tergolong masih segar ini tidak kepakai mending aku bagi-bagikan ama orang yang pingin mau belajar.  
      Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentag sistem kerja mesin 4 tak ( langkah) maka ada baiknya bila kita mengenal lebih dahulu dari beberapa komponen-komponen yang penting dari mesin 4 tak. Sebenarnya mesin motor bakar bensin terdiri dari dua macam yaitu mesin 4 tak dan 2 tak, tapi kali ini saya akan membahas cara kerjanya motor bakar 4 tak dulu. Dikarenakan masyarakat pada umumnya lebih banyak menggunakan motor bakar jenis ini. mungkin setelah selesai pembuatan artikel ini saya akan membahas tentang mesin motor 2 tak.
Dan pada mesin 4 tak sendiri juga terdiri dari 2 jenis yaitu :
  • Mesin motor bakar 4 langkah dengan gerak silider arah Vertikal
  • Mesin motor bakar 4 langkah dengan gerak silindder arah Horisonta
Kenapa bisa disebut motor 4 langkah (stroke) ? 
Nah ini, yang wajib kita ketahui. Yaitu pada mesin tersebut mempunyai prinsip kerja 4 langkah antara lain :
  1. Langkah hisap yaitu penghisapan bahan bakar dari karburator menuju lubang silinder, pada langkah ini zuiger atau torak bergerak dari TMA ( titik mati atas ) menuju TMB ( titik mati bawah ) dan pada saat yang bersamaan klep (katup) hisap terbuka sedangkan klep buang ter tutup. sehingga bahan bakar bensin yang bercampur udara dari karburasi membentuk kabut masuk keruang bakar ( lubang silinder ) kemudian terperangkap di ruangan tersebut.
  2. Langkah  Kompresi Yaitu  langkah kompresi bahan bakar dimana gerak zuiger bergerak dari TMB ke TMA. Pada langkah ini kedua katup klep tertutup rapat, agar dapat dihasilkan kompresi yang baik. besar kecilnya tenaga yang dihasilkan mesin tergantung baik buruknya hasil kompresi. serta banyak atau sedikitnya kabut bahan bakar yang hisap pada saat langkah hisap. Sebelum  gerak zuiger menuju TMA pada akhir langkah kompresi, busi mempercikkan api dan terbakarlah kabut bahan bakar tersebut hingga terbentuk gas panas bertekanan tinggi.
  3. Langkah Usaha kerja yaitu langkah kerja dimana zuiger bergerak dari TMA menuju TMB. pada saat melangsungkan langkah ini kedua katup masih tetap menutup rapat, dan sesaat sebelum torak atau zuiger mencapai TMB, katup buangnya mulai terbuka.
  4. Langkah Buang yaitu dimana zuiger bergerak dari TMB menuju TMA dan katup buangnya terbuka, sedangkan katup masuknya tertutup rapat. sehingga zuiger mendorong gas sisa pembakaran menuju bagian kenalpot.
Nah seperti yang saya katakan di atas sebelum tahu lebih jauh tentang mesin alangkah baiknya kita mengenal lebih dahulu tentang bagian-bagian dari mesin tersebut.
lihat gambar dibawah ini.


keterangan gambar :
  1. Karburator
  2. Manifolt
  3. Blok Kop ( silinder Kop )
  4. Blok cylinder ( ruang cylinder / ruang bakar )
  5. Zuiger (Silinder / torak )
  6. Rumah kampas Kopling
  7. Ger Box
  8. Dinamo stater
  9. Rumah magnet.
Untuk lihat lebih jelas lagi tentang beberapa komponen dari mesin 4 langkah silahkan lihat gambar dibawah ini.







keterangan gambar :
  1. Rantai kamprat.
  2. Timelar
  3. Noken As (bubungan)
  4. Klep (katup)
  5. Zueger (piston)
  6. Stang Zueger (piston)
  7. As stater
  8. kampas kopling
  9. Gigi rongsel (Roda gila)
  10. Garpu verseneling.
  11. Alur cacing ( as penggerak garpu verseneling)
  12. Gigi satio
  13. Poros Engkol 
  14. Ger/gigi penghubung dinamo stater
  15. Magnet













Tidak ada komentar:

Posting Komentar